Inisiatif dari Diskes Riau

Permudah Pelayanan bagi Masyarakat, Diskes Riau Sediakan Mall Vaksinasi dan Imunisasi 

Dr Cintya

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru


          PEMERINTAH PROVINSI Riau melalui Dinas Kesehatan telah membuat suatu terobosan dan inovasi yaitu  dengan menyediakan Mall Vaksinasi dan Imunisasi. Adapun tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi. 

Dimana Mall Vaksinasi ini beralamat di Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru.  Mall ini telah diresmikan bapak Gubernur Riau pada bulan Agustus lalu. Selain itu, Mall Vaksinasi ini terbentuk tidak terlepas dari kerjasama tim yaitu ada MOU dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru

"Kemaren karena permintaan vaksinasi cukup tinggi dan adanya rumah vaksin yang dibentuk oleh Kementrian Kesehatan. Oleh sebab itu, keberadaan Mall Vaksinasi ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Maka dari itu, bagi masyarakat yang ingin vaksin silahkan datang langsung ke tempat Mall Vaksinasi dan Imunisasi yang kita siapkan. Selain itu, keberadaan Mall Vaksinasi dan Imunisasi ini merupakan inisiatif dari Diskes Riau," ujar Kadiskes Riau Zaenal Arifin melalui Dr.Cintya yang menjabat sebagai Analis Rujukan di Seksi Kesehatan  saat dikonfirmasi Kiblatriau.com Senin (24/10/2022).

Dijelaskan Cintya, bahwa bapak Kadis Kesehatan Riau Zaenal Arifin mempunyai inisiatif bagaimana untuk membuat mall vaksin dan ini ditndak lanjuti oleh bapak Gubernur Riau makanya mall ini dibuat. Dengan begitu mempermudah kepada masyarakat yang ingin vaksinasi.

"Ya Mall Vaksinasi ini buka dari pagi pukul 09.00 wib hingga pukul 21:00 malam karena konsep kita kan mall. Untuk segi pelayanan kita terapkan menjadi dua sip yang terdiri dari satu dokter dan empat perawat sebagai tim vaksinator," terang Cintya. 

Ditambahkan Cintya, bahwa seiring dengan berjalanya waktu mulai dari pembukaan hingga sampai sekarang masyarakat yang sudah vaksin di Mall Vaksinasi sudah mencapai 7000 orang jadi rincian data kalau di kalkulasikan satu hari orang datang ke Mall Vaksinasi itu 80 hingga 100 orang perhari

"Untuk targetnya sendiri kita mau sebanyak-banyaknya orang vaksin. Hal ini, dikarenakan semakin banyak yang vaksin maka semakin banyak yang terlindungi dan Riau bisa naik peringkat jadi vaksinasi terbanyak. Dengan  begitu, tentunya sebagai penghargaan juga bagi kita baik itu segi vaksinasi 1,2,3 dan boster," papar Cintya. 

Dalam kesempatan Cintya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan Mall Vaksinasi ini sebagai tempat untuk vaksin. "Karena saat ini tempat vaksinkan tidak banyak. Makanya masyarakat supaya manfaatkan Mall Vaksinasi ini. Karena pelayanan yang kita berikan mudah dan cepat," sebut Cintya. Saat ditanyakan apa kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang divaksin. 

Dipaparkan Cintya, memang saat ini ada sedikit kendala akibat ketersediaan vaksin. Dimana vaksin yang ada saat ini cuma Faizer dan Jensen sementara Moderna dan Astra Jenika sedang kosong dan untuk vaksin anak umur 6 sampai 12 tahun Sinovac juga kosong. "Kendala ini bukan di Riau aja yang terjadi. Namun,  di Kementrian saat ini juga tidak ada stok atau sedang kosong," kata Cintia. 

Terakhir Cintya menerangkan  kedepanya untuk operasional Mall Vaksinasi dan Imunisasi ini akan tetap ada. " Karena kita berkomitmen sampai covid ini memang sudah tidak ada lagi. Dan kita akan merubah konsepnya ke yang lain misalnya untuk vaksin rabies dan lainnya," tutur Cintya.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar